Cara Mengetahui Mac Address Komputer Atau Laptop

Cara mengetahui MAC Address Komputer atau Laptop - cara melihat atau mengetahui MAC Address di komputer atau laptop. Sebelum itu, apa perbedaan antara IP Address dengan MAC Address? IP Addres sudah aku jelaskan pada postingan sebelumnya yaitu sebuah alamat pada komputer yang berbentuk bilangan biner yang digunakan supaya komputer sanggup saling terhubung dengan komputer lain dalam satu jaringan atau sebagai alamat identifikasi untuk setiap Host dalam jaringan internet.

Sedangkan MAC Address atau Media Access Control Address yakni sebuah alamat jaringan yang diimplementasikan pada lapisan datalink dalam tujuh lapisan model OSI, yang merepresentasikan sebuah node tertentu dalam suatu jaringan. Dalam sebuah jaringan berbasis Ethernet atau LAN, MAC address merupakan alamat yang unik yang mempunyai panjang 48-bit yang mengidentifikasikan sebuah komputer, interface dalam sebuah router, atau node lainnya dalam jaringan. MAC Address juga sering disebut sebagai Ethernet address, physical address, atau hardware address.

Dalam sebuah komputer atau Laptop niscaya terdapat apa yang namanya MAC Address, dan setiap perangkat komputer/laptop pastinya berbeda-beda. MAC Address dalam komputer/laptop terdapat beberapa jenis, menyerupai MAC Addres untuk Ethernet atau biasanya digunakan untuk LAN, MAC Address untuk WIfi yang biasanya terdapat pada laptop, ataupun MAC Addres Bluetooth kalau terpasang di Komputer/Laptop. Intinya, setiap network yang terdapat pada komputer/laptop yang letaknya di "Network connections" pada control panel, niscaya mempunyai apa yang namanya MAC Address. Nah untuk mengetahui setiap MAC Addres pada komputer atau Laptop sanggup dilihat caranya dibawah ini.

Cara Mengetahui MAC Addess Komputer/Laptop dengan CMD

Untuk cara cepat mengetahui MAC Address pada setiap network di komputer/laptop, sanggup memakai fitur bawaan windows yakni CMD. Karena dengan mengetikan beberapa perintah, MAC Addres sanggup terlihat beserta jenis Network atau jaringannya. Berikut tutorialnya.

1.Pertama silahkan buka CMD dengan cara menekan tombol (Windows + R) pada keyboard, kemudian akan muncul kotak pencarian. Pada kotak pencaria tersebut silahkan ketikan "CMD" tanpa tanda petik kemudian tekan enter.

2. Kemudian pada CMD silahkan ketikan perintah untuk mengetahui MAC Addres komputer/Laptop, untuk perintahnya ketikan "macget/v" tanpa tanda petik, kemudian enter.


3. Selanjutnya akan muncul beberapa MAC Address beserta jenis Network atau jaringannya, untuk teladan MAC Addresnya sanggup dilihat pada gambar dibawah ini.


Nah gampang bukan cara mengetahui MAC Addres pada komputer atau Laptop, dengan begitu Anda tidak perlu memakai aplikasi atau software hanya untuk melihat MAC Addres pada komputer atau laptop. Demikian artikel yang sanggup aku bagikan dan semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Mengetahui Mac Address Komputer Atau Laptop"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel