Cara Beternak Puyuh Petelur Pemula Mudah dan Sederhana

Cara Beternak Puyuh Petelur Pemula Mudah dan Sederhana - Peluang usaha bisa diciptakan bila kita sanggup menemukan potensi lingkungan kita berada. Salah satunya adalah burung puyuh petelur. Ukuran burung puyuh yang kecil membuat ternak puyuh petelur tidak memerlukan tempat yang terlalu luas.

Usaha telur ayam, ayam potong dan telur puyuh saat ini masih memiliki peluang yang tinggi dan dibutuhkan di pasar. Banyaknya industri makanan membuat para peternak Puyuh Petelur untung besar setiap harinya. Kamu harus coba bisnis puyuh petelur ini sebagai bisnis sampingan atau bahkan bisnis utama.

Cara Beternak Puyuh Petelur Pemula Mudah dan Sederhana

1. Membuat Kandang Puyuh Petelur Sederhana

Hal yang harus kamu persiapkan ketika menjalani bisnis puyuh petelur adalah menyiapkan kandang. Jika bagi pemula yang ingin memulai bisnis Puyuh Petelur, maka mulai dari kandang yang sederhana saja.

Siapkan 3 buah kandang Puyuh petelur dengan aturan:
  • Kandang Bibit Puyuh
  • Kandang Ternak
  • Kandang Meletakkan telur

Setiap kandang harus memperhatikan suhu dan intensitas cahaya matahari. Jika kandang terlalu lembab maka bisa dapat menghambat pertumbuhan dari burung puyuh tersebut.

Estimasi modal membuat kandang bisa mulai dari 400ribu hingga 650ribu. Tergantung jenis dan bahan dari kandang tersebut. Saran untuk pemula, mulailah dari membuat kandang yang sederhana saja. Jika bisnis sudah berkembang dan potensial, maka buatlah kandang menjadi lebih bagus lagi untuk meningkatkan produksi telur puyuh.

2. Mencari Bibit Puyuh yang Berkualitas

Langkah selanjutnya setelah membuat kandang, adalah mencari bibit puyuh petelur yang berkualitas. Mulailah dari jumlah yang sedikit saja 1000 ekor. Cobalah untuk membeli bibit puyuh petelur yang berkualitas tinggi dan tidak memiliki masalah dari segi kualitasnya. Adapun beberapa ciri ciri bibit puyuh petelur yang baik adalah:
  • Burung Puyuh Minimal berusia 4 minggu
  • Ukuran badan burung puyuh berkisar 1,5 Ons atau 150 gram
  • Bibit puyuh tidak kanibal
  • Matanya bening dan tegap
  • Puyuh berasal dari induk yang menghasilkan telur yang bagus pula.
Tentukan juga dari awal apakah hanya menjual telur puyuh saja atau menjual daging puyuh juga. Maka sesuaikan juga bibit yang bagus dan berkualitas. Jika beberapa hal diatas kurang lengkap, anda bisa bertanya ke ahli peternak burung puyuh juga. Karena saya disini membagikan informasi dari berbagai sumber blog yang terpercaya. Be a smart netizen!

3. Modal Ternak Puyuh Petelur

Hitunglah modal usaha puyuh petelur ini. Buatlah estimasi dan perkiraan modal serta keuntungan kedepannya apakah bisnis ini mempunyai peluang usaha yang menggiurkan di tempat anda berada. Mulai dari perhitungan kandang yang dibuat berkisar antara 500ribu perkandang hingga biaya bibit puyuh, makanan puyuh, obat dan perawatan puyuh, dan seterusnya.

4. Omzet yang Menguntungkan

Omset atau keuntungan yang akan di dapat dari bisnis puyuh petelur ini berapa sih? Perlu diketahui bahwa seekor burung puyuh mampu menghasilkan 1 telur sehari. Harga satu butir telur puyuh dipasar adalah 200 rupiah. Jika anda punya 1000 ekor burung puyuh maka setiap hari anda bisa memanen sekitar 200 ribu setiap harinya. Biasanya para peternak ada yang menjual setiap seminggu sekali saja agar terlihat besar hasilnya.
Perlu diketahui juga, jika anda tidak hanya menjual telurnya saja namun juga daging burung puyuh, harga seekor burung puyuh adalah Rp 5000 setiap ekornya.

5. Perawatan Puyuh Petelur

Berbicara tentang bisnis peternakan maka harus ada biaya perawatan terutama burung puyuh ini. Karena hal yang sulit dalam bisnis ini adalah perawatannya yang cukup rutin dan sangat perlu diperhatikan.
Berilah vitamin setiap dua hari sekali, membersihkan kondisi kandang secara rutin, dan memeriksa apakah ada burung puyuh yang sakit dan segera di pisahkan dari burung puyuh lainnya agar tidak ketularan.

Nah itulah artikel tentang Cara Beternak Puyuh Petelur Pemula Mudah dan Sederhana. Semoga bisa membantu referensi kamu untuk memulai bisnis ternak puyuh petelur. Jika beberapa hal yang masih kurang, mohon dimaklumi dan bisa mencari sumber referensi lainnya.


Sumber: kambingjoynim, bacalagers, amp.kontan.co.id, petanipuyuh

0 Response to "Cara Beternak Puyuh Petelur Pemula Mudah dan Sederhana"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel